Friday, March 14, 2008

Aku dan Soju


Soju... minuman keras khas Korea, boleh dikatakan merupakan bagian yang tak terpisahkan dari kehidupan masyarakat Korea. Kemanapun anda pergi, anda akan menemukan Soju. Di supermarket, restoran, sampai warung pinggir jalan.

Minuman yang terbuat dari beras ini (mirip air tapai kali ya..) adalah minuman yang digemari oleh baik laki-laki maupun perempuan, mulai remaja sampai orangtua.

Soju juga dikenal sebagai minuman yang merakyat karena harganya yang cukup murah untuk kategori minuman keras. Artinya soju juga diminum orang mulai dari kalangan kaya sampai miskin (eh...terbalik kali ya..dari kalangan miskin sampai kaya), dari orang yang ngumpulin koran sampai manajer berdasi.... hebat nggak !!!

Nah..disini ada juga suatu kebiasaan, dimana setelah pulang kerja (umumnya pegawai laki-laki), dengan beberapa teman akan minum soju bersama-sama. Mereka akan minum sepuasnya (tentunya kadang-kadang sampai... mabok....lagi....), sambil membicarakan soal pekerjaan mereka, keluarga bahkan masalah negara (di Indonesia hal ini juga tentunya biasa di warung kopi...iya kannn..).

Disini ada juga restoran yang sengaja tidak menyediakan makan malam (dengan nasi), tapi hanya menu khusus yang dapat dinikmati sambil minum soju. Jenis makanannya banyak seperti ayam goreng, ayam gulai, ikan bakar de el el.

Oh ya...ada yang kelupaan....cara minumnya pakai gelas kecil...dan saling menuangkan sesama teman. Kalau teman sedang menuangkan soju ke gelas anda, maka anda pegang gelasnya dengan tangan kanan, sedangkan tangan kiri seperti memegang sikut, ada lagi...ketika mau meminumnya ada baiknya juga kalau kita sedikit memiringkan badan menghadap kesamping, katanya untuk menunjukkan sikap hormat...(emang kalau udah mabok masih tahu sopan-santun ...heee).

Bagaimana dengan saya ??? Alhamdulillah..sampai saat ini belum keminum tuh soju...habis haram sich....bagusnya lagi teman-teman disini pada ngerti kalau saya menolak untuk minum. Kalau untuk toss aja sich nggak apa-apa...kagak haramkan ???


2 comments:

sinar said...

alhamdulillah pane ssi masih inget tu soju haram :D keep istikomah ya

Unknown said...

hostel terbaik itu cuma bisa kalian temuin disini guys HOSTEL MURAH DI BANDUNG COCOK UNTUK BACKPACKER