Monday, March 3, 2008

Aku dan Norebang




Anda pernah mendengar kata Norebang ? Norebang terdiri dari dua kata yaitu nore dan bang. Nore artinya lagu/menyanyi sementara bang artinya ruang/tempat. Jadi kalau digabung Norebang artinya tempat untuk bernyanyi. Kalau di Indonesia biasa kita sebut tempat karaoke.

Seperti halnya Karaoke dikota-kota besar di Indonesia, Norebang di Korea juga merupakan tempat yang cukup favorit untuk dikunjungi baik oleh anak-anak muda maupun orang-orangtua terutama pada malam minggu atau hari libur.

Norebang sendiri terbagi dua, satu tidak menyediakan minuman keras, dan yang satunya (dallajujom) menyediakan minuman keras.

Seperti kebanyakan tempat karaoke, norebang juga disewakan perjam. Harganya bervariasi mulai yang paling sederhana sekitar 20.000 won perjam (Rp 200.000) sampai ratusan ribu won. Ada juga lho Norebang-plus (plus.....pasti tahu donk maksud saya heee)

Nah..sejalan dengan semakin banyaknya warga Indonesia di Korea Selatan (diperkirakan lebih dari 26 ribu orang), maka norebang yang menyediakan lagu-lagu Indonesia juga cukup banyak. Norebang yang menyediakan lagu-lagu Indonesia dapat kita temui di daerah Ansan, Suwon, Guro, Sinchon dan beberapa daerah lainnya dimana banyak terdapat TKI.

Sebenarnya lag-lagu Indonesia yang disediakan sudah cukup Out of Date (kuno gitulohhh), namun untuk menyalurkan hobbi sekaligus menghibur diri setelah lelah bekerja, lagu-lagu seperti itupun di lalap juga. Yang menarik lagi, diantara lagu-lagu tersebut ada juga Lagu Kebangsaan Kita, Indonesia Raya. Seorang teman saya, dengan rasa nasionalisme yang tinggi biasanya selalu meminta kami untuk menyanyikan lagu Indonesia Raya dan semuanya harus berdiri. Kebayang nggak sih, kalau anda menyanyikan lagu Indonesia Raya di dalam karaoke....


No comments: