Tuesday, March 4, 2008

Aku dan Ikan Bakar



Anda doyan ikan bakar (Saengsun-gui) ??? Saya doyan...Nah ternyata di Korea, ikan bakar termasuk makanan yang cukup digemari. Hal ini dapat dilihat dari banyaknya restoran-restoran yang menyediakan ikan bakar dalam daftar menunya. Bahkan ada restoran yang khusus menyediakan ikan bakar.

Untuk daerah Seoul, restoran seperti ini dapat dengan mudah kita temui di daerah Dongdaemun. Tepatnya disebuah jalan kecil yang berada di belakang gedung Bank Industri Korea, Dongdaemun.

Sekedar informasi...didaerah ini ada banyak restoran yang menyediakan ikan bakar, jadi anda bisa memilih. Disini anda akan melihat beberapa restoran yang memajang spanduk atau menempelkan sejenis pemberitahuan bahwa mereka pernah diwawancari oleh salah stasiun televisi di Korea. Nah...biasanya restoran seperti ini makanannya enak...jadi boleh anda coba.

Saengsun-gui, atau ikan bakar di Korea agak sedikit berbeda dengan di Indonesia (dari segi rasanya lho). Hal ini mungkin karena ikan disini tidak dibakar dengan batok kelapa atau arang (karena nggak ada kali yee). Nah..disini ikan dibakar dengan batubara, atau didalam open (yang ini juga kadang mereka sebut ikan bakar).


Cara bakarnya cukup mudah dan bumbunya cukup sederhana. Pertama, ikan mentah di garami, kemudian dibakar...dan kalau sudah matang dimakan dengan kecap asin yang dicampur bumbu wasabi, sejenis lobak yang pedas yang telah dihaluskan. Gampangkan...ya rasanya juga...begitu deh .....

Masalah harga....tidak terlalu mahal. Untuk jenis ikan samji (kurang tau...tuh namanya di Indonesia, tapi tampangnya mirip tongkol kali ya..), jika anda makan disalah satu restoran di daerah Dongdaemun itu...ya lebih-kurang 5000 won (sekitar Rp 50.000...sebelum harga minyak naik ???). Tentunya untuk jenis ikan yang lebih enak..seperti kerapu, atau cumi...ya lebih mahal... Dan kalau anda makan direstoran yang agak bergengsi, ya...pasti lebih mahal lagi, tapi harus diingat direstoran seperti ini biasanya ikannya tidak dibakar, tapi di masak didalam open. Nggak salah donk untuk mencobanya kalau lagi ke Seoul...benarkan ????

1 comment:

MUSIDA said...

wah senengnya jalan-jalan ke korea, kapan-kapan ngajak kita dong Bos. Pengin mencicipi masakan korea juga nih. anaknya lucu dan cakep ya, pinter banget bikinnya.

salam,

musida