Sunday, March 23, 2008

Aku dan Istana Gyeongbok




Kalau anda sedang berkunjung ke Seoul, salah satu tempat yang tidak boleh anda lewatkan untuk dikunjungi adalah Istana Gyeongbok, atau Gyeongbok-gung yang terletak di sebelah utara Seoul. Kenapa ??? Ya...dengan melihat kompleks istana ini, maka alam pikiran kita akan dibawa ke kondisi kehidupan masyarakat Korea sekitar abad ke-14.

Ketika berada di depan pintu gerbang komplek istana kita akan menemukan sebuah bangunan khas kerajaan Korea yang tentu saja di jaga penjaga istana seperti layaknya pada jaman dahulu (tapi...penjagaan ala kerajaan ini tidak 24 jam, hanya pada waktu-waktu tertentu saja).

Nah...atraksi yang menarik di depan pintu gerbang ini adalah prosesi pergantian penjaga yang dapat kita nikmati pada jam-jam tertentu (lihat jadwal ya...)
Masih....diluar gerbang istana...kita dapat berphoto dengan penjaga istana...atau kalau mau disana juga disediakan pakaian penjaga istana yang dapat dipinjam untuk berphoto...

Liat aja tuh...Bang Pane jadi penjaga istana .....pantas nggak sih ...????

Kalau udah masuk melewati gerbang istana, maka persis didepan kita akan terlihat Keunjeong-jeon yaitu bangunan utama di mana terdapat singgasana raja. Raja melakukan tugas-tugas kenegaraan, memberikan perintah dan menerima tamu dari negara asing.


Istana Gyeongbok (pancaran kegembiraan) dibangun pada masa dinasti Chosun (Josoen)) ketika dinasti Yi memindahkan ibu kota kerajaan ke Seoul. Pada saat itu Raja Taejo, (tahun ke-4 masa pemerintahannya, 1394) menjadikan istana Gyeongbok sebagai istana utama kerajaan Chosun.

Pada saat Jepang menginvasi Korea tahun1592-1598, istana Gyeongbok di hancurkan...dan kondisi tersebut dibiarkan selama 250 tahun. Pada tahun 1865 bangunan-bangunan istana yang sudah hancur dibangun kembali seperti aslinya. Namun...ketika Jepang menduduki Korea kembali pada tahun 1910, sebagian besar dari 200 bangunan istana dihancurkan oleh imperialis Jepang, hingga hanya tersisa beberapa bangunan saja.

Selain...bangunan utama sebenarnya masih banyak bangunan lainnnya di dalam kompleks istana, namun saya mau.. nerangin beberapa aja .... abis kalau mau di ceritain semuanya... bisa bikin sinetron beberapa seri...lho...

Nah...diantara bangunan-banguan yang ada, yang menarik bagi saya adalah Kyenghoe-ru dan Hyangwon-jeong. Alasannya apa ??? Ya...karena bentuk, posisi, dan fungsinya menarik...bagi saya lhoo..

Kyeonghoe-ru, adalah pavillion terbesar di Korea Selatan, tempat ini merupakan favorit raja menerima tamu. Raja Taejo pendiri Dinasti Chosun sekaligus orang yang memerintahkan pembangunan Istana Gyeongbok, meminta agar dibangun sebuah pavillion diatas danau buatan.


Pavillion ini termasuk yang dihancurkan pada saat invasi Jepang tahun1592, namun dibangun kembali tahun 1867.

Hyangwon-jeong, adalah adalah sebuah bangunan pavilion berbentuk segi enam yang dibangun pada tahun1867 diatas danau buatan. Sementara jembatan yang menghubungkan Hyangwon-jeong dengan daratan, dibangun pada tahun 1953.
































No comments: