Sunday, April 6, 2008

Aku dan Yongsan

Yongsan adalah sebuah lokasi perbelanjaan dengan sistem "One Stop Shopping" yang cukup terkenal di Seoul. Disini, di ( I' Park), kita bisa berbelanja dari kebutuhan sehari-hari, pakaian, hingga alat dan produk elektronik. Disamping itu anda juga dapat memilih makanan yang anda sukai di restoran-restoran yang terdapat di gedung yang sama, pingin hiburan anda tinggal pilih film yang anda mau tonton di bioskop CGV (sejenis theater 21 di Jakarta).

Tempat perbelanjaan ini cukup luas, jadi cukup menghabiskan waktu untuk mengelilinginya.


Nah...kalau malam minggu nggak ada acara, anda bisa menghabiskan waktu ditempat ini sambil "cuci mata". Disini juga ada ruang terbuka dimana anda bisa duduk-duduk sambil menghirup udara segar n' dengar musik.


Sebenarnya Yongsan lebih terkenal sebagai pusat perdagangan elektronik terbesar di Korea (mirip glodok atau ITC Mangga Dua-lah...). Disamping barang yang dijual di toko, ada juga barang yang dijual dengan digelar, biasanya setiap hari Sabtu yang disebut "Flea Market". Disini "katanya" kita dapat membeli produk elektronik atau komponen elektronik dengan harga murah. Apa benar ??? Ya...nggak juga. Kalau anda ingin membeli sesuatu disini lebih baik membandingkan harga dulu dengan harga yang ada di internet, kalau nggak ya...bisa...hancur mina....
Pada dasarnya harga produk elektronik di Jakarta dengan merek yang sama masih jauh lebih murah di banding di Seoul, apalagi kalau produknya itu berasal dari luar Korea harganya bisa berlipat-lipat dibanding dengan Jakarta. Hal ini terjadi karena kebijakan "pintu tertutup" perdagangan Korea terhadap produk luar. Sebagai contoh, Camcorder yang saya beli di Yongsan Electronic Market satu tahun yang lalu dengan harga sekitar 4 juta rupiah, eh di Jakarta ternyata harganya hanya sekitar 3 juta rupiah. Nah...perbedaannya cukup besarkan. Untuk itu kalau anda berkunjung ke Korea, nggak usah beli produk elektronik disinilah...bawa dari Indonesia aja. Orang Korea sendiri, kalau sedang berkunjung ke Indonesia nyempatin diri juga tuh.. beli produk elektronik..



No comments: