Monday, April 14, 2008

Aku dan Museum Nasional Korea

Kalau anda salah seorang yang menyukai benda-benda kuno, perjalanan peradaban manusia ataupun budaya, tentunya museum adalah salah satu tempat yang tepat untuk anda kunjungi. Setuju donk ??
Seperti negara-negara lainnya di dunia, Korea Selatan juga tentunya punya Museum. Kalau di Jakarta, kita mengenal Museum Gajah, Museum Bahari, de el el, maka disini juga ada The National Museum of Korea. Museum ini masih berada dalam lingkungan Istana Gyeongbok.

Koleksi yang di miliki oleh museum ini masih cukup lengkap yang ditata dengan rapi dalam ruang-ruang kaca yang pengamanannya cukup tinggi. Koleksi-koleksi yang dipajang adalah barang-barang yang berasal dari jaman bahelak (kuno-red), seperti alat-alat yang terbuat dari batu, tembaga, kayu dsb. Disamping itu ada juga diorama perjalanan hidup bangsa Korea pada jaman kerajaan kuno.

Mungkin kalau masalah koleksi, sudah jamak donk...kalau sebuah musem banyak mengoleksi benda-benda yang berasal dari jaman dahulu kala (asli lagi... jadi belum diganti ama yang palsu). Nah yang menarik bagi saya ketika mengunjungi museum itu adalah kebersihan, kerapian, kelengkapan informasi plus keamaannya. Ketika saya ngelongok kedalam suatu ruang kaca terbuka, tiba-tiba suara nit nit nit.....berbunyi, padahal saya tidak menyentuh apa-apa. Tapi ketika kepala saya tarik kembali, kemudian suara itu hilang. Setelah sedikit menyelidik (detektif kali ya hehee), saya baru tahu kalau setiap ruang pamer (etalasenya) dipasangi sensor sinar infra merah sehingga tidak terlihat. Moga-moga aja sistem seperti ini dapat diterapkan di ibu pertiwi tercinta....walau sekedar berharap nggak salah ya...agar barang-barang purbakala di museum-museum di negeri tercinta bisa aman !!!

1 comment:

Anonymous said...

iya nich..museum ini lengkap banget....gw masih penasaran euy..belum terjelahi semua nich,,,,pengen lagi kesini