Wednesday, April 16, 2008

Aku dan Penyandang Cacat

Menurut Undang-Undang Negara, penyandang cacat adalah bagaian dari masyarakat yang juga memiliki kedudukan, hak, kewajiban dan peran yang sama dengan anggota masyarakat lainnya.

Menurut hemat saya, UU yang isinya seperti ini atau mirip hampir dapat ditemukan disemua negara di muka bumi ini. Kalau ada negara yang tidak memperhatikan atau memperlakukan warga negaranya yang kurang beruntung (penyandang cacat=red) secara tidak adil....wah....keterlaluan...benar ngggak ??

Yah...kita sebaiknya nggak usah nggossip....dosa.

Nah...gini aja, saya cerita tentang kegiatan off-air Siaran Penyandang Cacat KBS aja. Ini mungkin lebih baik sebagai bahan perbandingan.

Sejalan dengan peringatan Hari Penyandang Cacat Nasional di Korea yang jatuh pada tanggal 20 April, maka Siaran Penyandang Cacat KBS (siaran khusus dengan target pendengar para penyandang cacat) mengadakan suatu kegiatan yang berlangsung selama 1 minggu mulai tanggal 14 April di Lobbi utama gedung KBS. Kegiatan tersebut dimaksudkan untuk menghimbau pemerintah dan masyarakat untuk lebih memperhatikan kehidupan saudara-saudara kita yang kurang beruntung (secara fisik=red) dibanding mereka yang normal. Disamping itu, kegiatan tersebut juga bertujuan untuk memberikan kesempatan kepada masyarakat untuk mengalami langsung atau mencoba menggunakan alat-alat bantu yang biasanya digunakan oleh penyandang cacat, seperti tongkat, kursi roda biasa, dan kursi roda elektrik yang digerakkan dengan tenaga batrei serta memiliki robot tangan yang dapat membantu penggunanya untuk makan atau minum. Sudah selayaknya kita mengucapkan terimakasih bagi orang yang menciptakannya...setujukan??? Alat-alat ini memang sangat membantu bagi mereka...bagaimana dengan orang yang tidak pernah menggunakannya...Masyallah !! sangat sulit....saya sendiri sudah mencoba. Untuk berjalan sejauh 2 meter saja dengan kondisi mata ditutup dan dibantu tongkat...wahhh sulit sekali. Subhanallah...kalau kita melihat saudara-saudara kita para tuna netra dapat berjalan dengan lancar hanya dengan bantuan tongkat.

Nah...sekarang bagaimana dengan kebijakan pemerintah Korsel terhadap hal ini...

Menurut seorang teman pemerintah sudah memberikan perhatian yang cukup walaupun sebenarnya belum sempurna. Contohnya ??? Fasilitas umum, bus, kereta, gedung-gedung... sudah dilengkapi dengan fasilitas yang memudahkan mereka dapat mengaksesnya. Gimana masih belum jelas ??? Bus..disini ada bus atau alat angkutan khusus yang dapat direndahkan atau memiliki alat untuk menaikkan kursi roda. Di stasiun kereta bawah tanah juga ada elevator atau alat lain dimana kursi roda dapat dinaikkan...mungkin sudah sedikit agak jelas ya...

Disamping itu pemerintah juga menyediakan dana khusus yang akan digunakan membantu para penyandang cacat, misal dalam bentuk pembelian alat bantu. Bagaimana dengan masyarakat ??
Sebagaimana layaknya manusia diseluruh muka bumi ini ada yang baik ada juga yang kurang baik. Artinya ada yang peduli ada juga yang cuek-cuek aja.

Tapi yang jelas, kita kembalikan kepada diri kita masing-masing, mungkin tidak ada salahnya untuk sedikit berbaik hati atau membantu mereka yang membutuhkan, maukan ??

No comments: