Wednesday, June 30, 2010

"Setan Merah" kelompok pendukung Kesebelasan Korsel

"Setan Merah" dengan teriakkannya "Dae ha mingguk" berhasil menarik perhatian dunia pada setiap perhelatan Piala Dunia, tidak terkecuali pada Piala Dunia 2010 Afrika Selatan .
Mereka disebut "Setan Merah" karena memang mengenakan kaos berwarna merah serta tanduk berwarna merah (khas karakter setan yang sering digambarkan dalam cerita-cerita seram", ditambah make up wajah dengan berbagai rupa.
Untuk tahun ini, gelombang "Setan Merah" yang turun ke jalan-jalan atau berkumpul di lapangan tidak kalah dengan saat Korea Selatan dan Jepang menjadi tuan rumah Piala Dunia pada tahun 2002.
Katanya, pada saat timnas Korsel bertanding ratusan ribu masyarakat yang berpakaian kaos merah memberi dukungan di jalan-jalan atau lapangan dimana mereka dapat menyaksikan tayangan langsung lewat layar lebar (LED).
Tempat favorit bagi "setan merah" berkumpul adalah daerah Gwangwamun dan alun-alun Seoul, dan juga taman pinggiran sungai Han di Yeouido.
Pada saat pertandingan Korea Selatan melawan Argentina, saya juga ikut bergabung dengan 'Setan Merah" di alun-alun Balai Kota Seoul.
Saat pertama kali melihat orang-orang yang berkumpul ungkapan pertama yang keluar dari mulut saya adalah wah.... gila. Mereka memang "gila", gila nasionalisme. Bayangkan dari sore-sore, sekitar 4-5 jam sebelum pertandingan dimulai, orang-orang "gila" yang menyebut dirinya dengan "setan merah" sudah mulai berkumpul untuk memberikan dukungan bagi timnas kesebelasan Korea Selatan.
Menjelang pertandingan dimulai, para pendukung ini dihibur oleh artis-artis Korea dengan lagu-lagu dukungan, dan pemicu semangat, seperti Oh Daehamingguk.
Salah satu hal yang patut diacungi jempol dari sikap dan tindakan "setan merah" adalah tertib, tidak bikin onar, serta saat mereka bubar seusai pertandingan mereka dengan secara suka rela mengumpulkan sampah yang berasal dari mereka sendiri.
Bagi saya sendiri sikap mereka jauh lebih menarik daripada menonton pertandingan itu sendiri.

1 comment:

Kerja survey said...

sayang sekali di piala dunia 2010 kemarin Korsel masih belum beruntung ya. boleh ngak cerita2nya tentang Korea saya ceritakan lagi pada teman2 di blog saya dengan versi saya, tentu saja saya sertakan sumbernya.mohon maaf karena saya suka dengan negeri ini dan ketemu blog Aku dan Korea. terima kasih sebelumnya.
Kalo berkenan silahkan mampir di http://mysarangsuka.blogspot.com