Sunday, May 10, 2009

Keluargaku dan Makanan Korea

Salah satu cara untuk mengenal kebudayaan suatu negara adalah dengan cara menikmati makanannya. Makanya sudah menjadi suatu "keharusan", untuk mencicipi masakan khas negara itu, apabila kita sedang mengunjungi satu negara. Seperti halnya sate, nasi goreng dan rendang, gado-gado dll, yang sudah cukup terkenal di Indonesia, maka Korea juga memiliki makanan khas yang namanya sudah cukup dikenal masyarakat dunia, diantaranya kimchi, bibimbab, jajangmyeon, cukumi, samgetang dan lainnya.
Bagaimana dengan rasanya ?

Rasa adalah suatu penilaian yang diberikan secara pribadi-pribadi. Artinya, bagi saya rasa suatu masakan itu enak, namun bagi orang lain belum tentu. Begitu sebaliknya, makanan yang tidak enak di lidah saya bagi orang lain mungkin enak.

Terlepas dari perbedaan rasa ini, yang jelas pemerintah dan warga Korea sangat merasa bangga dengan jenis-jenis makanan yang mereka miliki, sampai-sampai mempromosikannya ke tingkat dunia.

Hal yang sama juga tentunya sudah (?) dilakukan oleh pemerintah dan masyarakat Indonesia untuk beberapa jenis makanan (rendang, sate, gado-gado), namun sepengetahuan saya belum segencar yang dilakukan oleh Korea, padahal dari segi keragaman jenis makanan kita jauh lebih unggul lho !

Sekarang bagaimana caranya, untuk menjadikan makanan kita menjadi salah satu objek wisata yang digemari oleh pelancong manca negara.

Nah.. untuk yang ini sebaiknya kita sama-sama mikir ya, maukan ???

Kembali ke makanan Korea. Disini ada juga beberapa jenis makanan yang katanya memiliki kaitan dengan kehidupan jaman dahulu (masa kerajaan). Ada makanan yang dulunya hanya di nikmati oleh keluarga kerajaan, ada juga yang hanya di lahap oleh masyarakat awam. Tapi yang jelas, saat ini ada satu jenis makanan yang benar-benar digemari baik oleh orang-orang berdasi (kalangan atas) maupun pengangguran. Nama makanannya Jajangmyeon (mie hitam). Konon katanya mie ini diperkenalkan oleh warga Cina yang datang ke Korea Selatan dan dijual terbatas bagi orang-orang Cina saja. Namun, seiring dengan perjalanan waktu, mie ini mulai digemari warga Korea.

Karena pernah melihat di sinetron, keluarga saya pun penasaran dengan rasa mie ini, dan kemudian mencobanya. Setelah saya tanyakan tentang rasanya....katanya...."nggak tahu deh !!!"

Disaat yang lain mereka juga mencoba nasi campur sayuran, telor setengah matang , ikan tuna atau lainnya, Bibimbab untuk menjawab rasa penasaran mereka terhadap makanan Korea yang pernah mereka lihat di sinetron. Jawabannya ? Ya...lumayan punya !!!

Keberadaan mereka di Korea saat ini mereka manfaatkan untuk mencicipi makanan yang belum sempat mereka nikmati 2 tahun yang lalu, seperti cukumi, samgetang dll.

Dibalik jawaban-jawaban yang diberikan keluarga saya tentang beberapa jenis makanan Korea, yang jelas menurut pandangan saya, makanan Korea bisa di kategorikan kedalam wellbeing (makanan sehat), karena bahannya dan cara masaknya yang jauh dari penyebab timbulnya penyakit seperti kolesterol, dll.

Makanan Korea lebih banyak di sup dan tidak mengandung santan atau lemak yang banyak, dan cukup banyak juga yang difermentasi. Jadi menurut saya cukup sehat !!!










12 comments:

doank said...

assalamualaikum pak...(gpp kan saya panggil pak???)

saya ingin bertanya ttg korea n kehidupan anda dan keluarga di korea (maaf kalo saya ingin tau banyak).kalo anda tidak keberatan saya ingin menanyakan gimana caranya ato cerita awalnya anda bisa ke korea n bisa tinggal disana bersama keluarga...(karena saya juga punya keinginan kesana)

dan bagaimana kehidupan umat muslim disana??

sebenarnya masih banyak lagi yg ingin saya tanyakan

saya mohon pengalamannya dengan harapan biasa jadi pelajaran buat saya..

Advanture Korea said...

Wah...kalau diceritain semua...bisa bikin novel, heheh..Singkatnya saya ikut seleksi kemudian atas izin Allah di pilih, kemudian kerja deh...disini..trus keluarga datang berkunjung atau saya cuti ke Jakarta...

doank said...

ooo begitu ya...??
bagus juga tu bikin novel pak...huehue

iee-chaa said...

wah, saya sering liat di serialnya korea ada mkanan yang enak-enak, tapi apa banyak yang halal juga??

waduh, saya kepengen kesana, kapan ya bisa kesana, saya suka sekali dengan korea.ini pertama kalinya saya baca blog bapak (boleh kan pak manggilnya gini?), saya akan selalu 'jalan-jalan' ke blog bapak.hehehehehe...
terima kasih pak

Advanture Korea said...

Wahh..anak Medan ada juga yang senang Korea ya.??? Saya juga dari Sumatera Utara...
Makanan halal bisa kita pilih...jadi tidak terlalu susahlah. Blog ini memang isinya tentang Korea semua..silahkan telusuri..

iee-chaa said...

ooo begitu, iya nih pak, saya pengen bgt bisa kesana...bapak asalnya di sumut dimananya nih pak??
dan di comment sebelumnya bapak juga bilang kalau bapak ikut seleksi, apa diharuskan untuk bisa bhsa korea juga pak??

Advanture Korea said...

Iee-cha, sangat wajar kalau kita ingin tahu segala sesuatu yang baru, namun setelah 1 atau 2 bulan semuanya akan menjadi biasa. Jadi cukup dimaklumi kalau ada banyak orang yang ingin berkunjung ke Korea (tempat baru). Saya sendiri berasal dari TapSel. Disini ada sebelas bahasa siaran, semua supervisornya tidak ada yang bisa bahasa Korea, kami berkomunikasi pakai bahasa Inggris atau bahasa siaran masing-masing. Yang paling utama adalah anda profesional di bidang siaran...

nothing is impossible said...

hai pak.. saya mau bertanya.. bapak berkerja di KBS ya? wah, hebat sekali pak.. saya sangat suka dengan Korea.. thats a great country.. :)

ochikocik said...

ternyata ada juga yah lowongan kerja di korea di bidang penyiaran..Kira2 seleksinya kapan aj di adain..setahun sekali atau berapa tahun sekali??trus apa2 aja testnya,,soalnya pengen banget bisa kerja di bidang penyiaran luar negeri apa lagi di korea.Makasih sebelumnya yah pak.. :D

Uwie said...

Ajussi , Mian saya mau tanya boleh kah ?
saya ingin jualan Mie korea nih hanya masih ragu dengan HALAL / tidak nya
kata suplier nya sih yang dijual HALAL semua ,
tapi masih takut :(

Bisa bantu saya ? kira2 nama2 Makanan mie sama snack yang saya tulis disini halal gak ya ?

Mungkin kalo gak keberatan lebih enak lewat email ....
tolong ya pak ini email saya

nurul.adam@gmail.com
kamsahamnida
semoga ajussi mau membantu saya heheeeeeeeee

Uwie said...

Ajussi , Mian saya mau tanya boleh kah ?
saya ingin jualan Mie korea nih hanya masih ragu dengan HALAL / tidak nya
kata suplier nya sih yang dijual HALAL semua ,
tapi masih takut :(

Bisa bantu saya ? kira2 nama2 Makanan mie sama snack yang saya tulis disini halal gak ya ?

Mungkin kalo gak keberatan lebih enak lewat email ....
tolong ya pak ini email saya

nurul.adam@gmail.com
kamsahamnida
semoga ajussi mau membantu saya heheeeeeeeee

♡ ♥Me With Korean Story ♥♡ said...

kamu udah pernah ke korea ? Cie ... salam kenal yah :D