Sunday, June 1, 2008

Aku dan Mesjid Raya Seoul

Apakah di Korea ada penganut agama Islam ? Ada...

Apakah di Korea ada Mesjid ? Ya pasti donk ...

Inilah jawaban dari pertanyaan yang pernah diajukan oleh beberapa pendengar kami.
Nah..saat ini ada lebih-kurang 7 Mesjid ada di Korea. Bagi sebagian masyarakat Korea, ajaran Islam memang agak sedikit asing, hal ini mungkin disebabkan oleh penyebaran agama Islam tidak segencar agama lainnya, namun demikian penduduk keturunan Korea yang beragama Islam diperkirakan lebih-kurang 45.000 jiwa. Dikatakan jumlah pemeluk Islam di Korea terus bertambah secara stabil.
Mesjid Raya Seoul yang terletak di daerah Itaewon merupakan mesjid tertua dan terbesar di Korea. Masjid ini dibangun sekitar tahun 1976.

Pada hari Jum'at, mesjid ini akan selalu ramai dikunjungi oleh ummat Islam yang datang dari daerah sekitar kota Seoul untuk mengadakan Sholat Jum'at.

Saya sendiri yang bekerja di daerah Youido butuh waktu sekitar 1 jam dengan naik bis untuk bisa sampai ke mesjid ini. Namun yang jelas jarak tidak boleh dijadikan alasan untuk tidak melaksanakan ibadah, benarkan ?

Khususnya pada bulan Ramadhan mesjid ini, menyediakan makanan buka puasa. Maka tidaklah heran, mesjid ini juga selalu ramai pada bulan puasa. Masjid ini juga selalu diisi oleh orang- orang yang mengaji hingga menjelang makan sahur. Ternyata kebiasaan yang berlangsung selama bulan puasa, yang dilakukan masyarakat beragama Islam di Indonesia tersebut, juga dapat kita temui di Korea.


6 comments:

Unknown said...

Ass wr wb Pak PANE
alhamdulillah.....saya sdh berkunjung ke mesjid Allohu Akbar di Itaewon..

setahun yg lalu, bareng teman2 IDK yg muslim, bisa menunaikan sholat Ashar disana....rasanya adem sekali..mendengar Adhan di negeri gingseng

Menjelang Ranadhan....mohon maaf lahir bathin
selamat berpuasa utk semua warga muslim di Korea...

wasalam
Tari IDK

Advanture Korea said...

Waduh Tari IDK..terimakasih sudah mengunjungi blog saya, bagaimana kabarnya ? Selamat menunaikan ibadah puasa. Mudah-mudahan nanti ada kesempatan berkunjung lagi ke Korea.

lola said...

annyong bung pane!!
waah bagus juga ya di korea ada banyak juga masjid, walau tidak sebanyak di sini yaa..
semoga tambah banyak aja dee.. amiin
pengen tau dan pengen ketemu juga orang korea yang menganut agama islam.. hehe

oya, isi comment jg ya..
thanks

Nussa Ponsel said...

mengingatkan ku pada tahun 2000, aku pernah berkunjung di masjid Itaewon. Omong2 kerja di mana, aku dulu di Inchon Kunjungi juga blog saya. http://www.duniaseluler.blogspot.com

M Jayadi D said...

Wah ternyata ramai juga ya ummat Islam di Korea Selatan.......
Selamat berjuang bung Pane, kami selalu mendengarmu.......

Jama'ah Masjid Al Falah Surabaya said...

Assalamualaikum,

Insya Alloh habis lebaran ini saya ada tugas workshop ke Seoul. Ini pertama kali saya ke sana. Saya masih gamang dengan makanan di sana. Mohon advise makanan apa yang bisa kita konsumsi sebagai muslim. Hamdulillah ternya komunitas islam disana sudah sett. Mudah2an Alloh memberikan kemudahan pada kita semua.

Kalau bisa japri ke hanandiko@gmail.com, saya sangat berterimakasih. Mohon nasehatnya