Friday, February 29, 2008

Aku dan Jimjilbang







Kalau anda pernah ke Korea atau suka membaca buku tentang Korea, maka anda pasti pernah mendengar kata Jimjilbang atau tahu tentang Jimjilbang, bahkan mungkin sudah pernah masuk ke Jimjilbang.



Bagi yang belum tahu...penasaran nggak sich dengan apa yang dimaksud dengan Jimjilbang itu ?



Gini...Jimjilbang itu adalah tempat pemandian air panas (sauna) khas Korea.



Kalau cuma pemandian sauna saja, barangkali tidak ada yang menarik untuk diceritakan tentang tempat ini. Tapi itu lho... tadi kata khas nya itu yang bikin menarik sekaligus bisa bikin yang masuk tempat ini kaget luar biasa, berdiri bulu romanya atau bahkan mual-mual...hehee....



Emangnya ada apa didalam sana ???



Ya...didalam Jimjilbang kita akan menemui beberapa kolam air panas dengan berbagai bentuk, suhu panas yang berbeda serta khasiat yang berbeda. Dan juga tidak ketinggalan ada ruang uap panas yang terbuat dari jenis batu-batuan tertentu yang diyakini memiliki khasiat untuk mengobati rematik, penyakit kulit dan membakar lemak.



Tapi...sebenarnya yang menarik dari Jimjilbang ini bukan khasiatnya itu. Terus apa donk ?



Yang paling menarik adalah orang-orang yang mandi disana. Semua orang yang mandi ditempat itu harus telanjang bulat !!! Kebayang nggak sich...kalau anda mandi suatu tempat dimana semua orang telanjang. Memang tempat mandi laki-laki dan perempuan terpisah dan tidak bisa saling melihat. Coba bayangin.....kalau anda mandi dengan teman, pimpinan, bawahan, adik, kakak, ipar, anak atau bahkan orangtua anda semuanya dalam keadaan telanjang....



Bagi masyarakat Korea hal ini biasa-biasa saja. Katanya untuk menunjukkan bahwa disaat itu semuanya sama, tidak ada atasan, bawahan, teman, ipar, adik, dll. semuanya sama, satu derajat.



Tapi bagi saya orang Indonesia hal itu seperti membawa saya hidup di jaman dimana belum ada moral, etika, rasa malu dsb. Ketika seorang teman mengajak sama masuk ke sebuah Jimjilbang, saya merasa kalau saat itu saya berada dibuah tempat yang sangat aneh yang belum pernah saya kunjungi. Dengan perasaan ragu-ragu bahkan kelihatan bodoh, saya tanya kepada teman yang membawa saya "kita mandi telanjang?" Dengan ringan dia menjawab "ya memang harus telanjang". Dalam hati saya berkata "gila... ini sudah gila".



Kemudian kalau sudah puas mandi, anda bisa makan atau menikmati makanan ringan yang dijual di kantin didalam Jimjilbang tersebut. Kalau anda mau menginap disana, ya...silahkan karena sebuah ruangan yang cukup luas juga sudah tersedia bagi orang yang ingin menginap. Disini...beda, laki-laki dan perempuan gabung. Diruangan ini anda bisa melihat orang tidur dengan segala gayanya. Ada yang mendengkur, meringkuk, ileran, bahkan mungkin berteriak karena bermimpi. Bagi yang sedang pacaran atau suami istri, mereka tidur berpelukan ya...nggak masalah, yang penting tidak sampai melakukan hubungan suami istri saja. Masalah pakaian ganti....jangan khawatir karena ketika anda membayar tanda masuk, anda akan diberikan pakaian ganti, yang terdiri dari kaus dan celana pendek, semuanya seragam. Ya....bagi saya Jimjilbang adalah tempat tidak akan saya masuki lagi. Bagi anda....kalau penasaran, jika ada kesempatan silahkan mencoba. Gitu aja kok repot....Sampai ketemu dengan cerita menarik lainnya !!!!

2 comments:

shierly said...

wah senang sekali jika bs sauna disana.wah angan2ku terhadap Korea banyak sekali. ngomong2 mahal gak ya?

Advanture Korea said...

Senang..emang sih...tapi sebelum masuk Sheirly harus siapin mental dulu ya...
Masalah harga relatif ya.. sekitar 10.000 won (ini juga tempatnya sudah cukup bagus)